• [email protected]
  • Jl. Datuk Laksamana, Tanjung Medang, Kec. Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau 28781

Tugas Pokok dan Fungsi Puskesmas Tanjung Medang

 

Lampiran II     :  Surat Keputusan Kepala UPT Puskesmas

Tanjung Medang Kecamatan Rupat Utara

Nomor            :  400.7/UPT-TM/SK/2023/19

Tanggal          :  04 Januari 2023

 

 

1.     Kepala Puskesmas

Uraian tugas :

a.    Melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, bimbingan dan supervisi.

b.    Mengadakan koordinasi di tingkat kecamatan.

c.    Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di tingkat kecamatan.

d.    Mengkoordinir dan bertanggungjawab terhadap semua kegiatan di puskesmas.

 

2.     Kasubbag Tata Usaha

Uraian tugas :

 

a.    Mengidentikasi uraian kerja Kasubbag Tata Usaha

b.    Merecanakan dan mengevaluasi kegiatan di unit TU.

c.    Melanjutkan disposisi pimpinan.

d.    Mengkoordinir kegiatan petugas bagian TU.

e.    Menyusun rencana kegiatan sub bagian tata usaha berdasarkan langkah-langkah operasioanal Puskesmas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas.

f.     Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas.

g.    Melaksanakan penyusunan rencana program/kegiatan Puskesmas berdasarkan masukan data dari masing-masing pengelola program agar tersedia program yang partisipatif.

h.    Mengontrol dan merekapitulasi kehadiran pegawi sesuai daftar absensi agar tersedia data bagi pembinaan disiplin pegawai berdasarkan peraturan-peraturan tentang disiplin pegawai agar tercipta situasi kerja yang kondusif.

i.      Memberikan layanan humas kepada pihak lainnya secara transparan dan akurat sesuai petunjuk atasan sesuai dengan Renja dan Renstra Puskesmas agar telaksananya program kesehatan di daerah.

j.      Memberikan layanan admisnistrasi umum dan teknis meliputi urusan kepegawaian, keuangan, tata usaha, perlengkapan, rumah tangga dan perjalanan dinas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai juklak dan juknis kegiatan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

k.    Merencanakan dan mengusulkan kebutuhan diklat pegawai baik struktural, teknis maupun fungsional sesuai latar belakang pendidikan teknis pegawai untuk meningkatkan kualitas SDM kesehatan.

l.      Melaksanakan kegiatan pengelolaan naskah dinas yang masuk dan keluar serta menyusun dan mengoreksi konsep naskah dinas lainnya sesuai prosedur yang berlaku agar terarah dan terkendali.

m.   Mengelola arsip baik inaktif maupun statis sesuai pola kearsipan agar mudah dan cepat ditemukan apabila diperlukan.

n.    Melaksanakan urusan rumah tangga meliputi menata ruangan, lingkungan dan kebersihan kantor agar terasa nyaman dalam melaksanakan tugas.

 

o.    Merencanakan dan mengontrol pelaksanaan tugas pengamanan sarana dan prasarana kantor baik pada jam dinas maupun diluar jam dinas agar terjamin keamanan kantor dan lingkungan.

p.    Membuat laporan bulanan, triwulan dan tahunan serta hasil pelaksaan tugas kedinasan lainnya berdasarkan kegitan yang telah dilakukan dan sumber data yang ada untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan.

q.    Melaksnakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Puskesma baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

3.     Pejabat Teknis BLUD

Uraian tugas :

 

a.    Mengidentikasi uraian kerja Pejabat Teknis BLUD

b.    Menyusun perencanaan kegiatan teknis operasional dan pelayanan di unit kerjanya.

c.    Melaksanakan kegiatan teknis operasional dan pelayanan berdasarkan RBA.

d.    Memimpin dan mengendalikan kegiatan teknis operasional dan pelayanan di unit kerjanya.

e.    Tugas lainnya yang ditetapkan oleh pemimpin BLUD sesuai dengan kewenangannya.

 

4.     Pejabat Pengadaan BLUD

Uraian tugas :

 

a.    Mengidentikasi uraian kerja Pejabat Pengadaan BLUD

b.    Melaksanakan persiapan dan pelaksanaan pengadaan langsung.

c.    Melaksanakan persiapan dan pelaksanaan penunjukan langsung untuk pengadaan barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya yang bernilai paling banyak Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah).

d.    Melaksanakan persiapan dan pelaksanaan langsung untuk jasa konsultasi yang bernilai paling banyak Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah).

e.    Melaksanakan e-purchasing yang bernilai paling banyak Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah).

f.     Membuat Berita Acara Hasil Pengadaan Langsung yang terdiri dari:

Ø  Nama dan alamat penyedia.

Ø  Harga penawaran terkoreksi dan harga hasil negosiasi.

Ø  Unusr-unsur yang di evaluasi (apabila ada).

Ø  Hasil negosiasi ( apabila ada).

Ø  Keterangan lain yang dianggap perlu.

Ø  Tanggal dibuatnya berita acara.

 

5.     Bendahara BOK/APBD

Uraian tugas :

 

a.    Mengidentifikasi uraian kerja Bendahara BOK/APBD

b.    Menyusun POA kegiatan dana BOK berdasarkan usulan masing-masing penangungjawab progaram berdasarkan pedoman kerja.

 

c.    Menyusun POA bulanan kegiatan dana BOK.

d.    Mengajukan usulan dana kegiatan BOK melalui BOK Salur

 

e.    Melakukan pembayaran dana BOK kepada pelaksana  melalui aplikasi BNI Direct.

f.     Melakukan pembayaran dan pencacatan setoran pajak kegiatan dana BOK

g.    Melakukan penyusunan administrasi SPJ dana BOK.

h.   Membuat pembukuan keuangan dana BOK dalam BKU

i.     Melaporkan realisasi dan capaian kegiatan dana BOK dalam aplikasi BOK Salur

j.      Membuat dan menyampaikan laporan keuangan dana BOK kepada Bidang Keuangan Dinkes.

k.    Menyusun kebutuhan operasional puskesmas melalui dana APBD.

l.      Mengajukan usulan kebutuhan dana operasional puskesmas (APBD).

m.   Melakukan pembayaran dan pencacatan setoran pajak kegiatan dana APBD

n.    Melakukan penyusunan administrasi SPJ dana APBD.

o.    Melakukan pencacatan penerimaan dan pengeluaran dana dalam BKU

p.    Membuat dan menyampaikan laporan keuangan dana APBD kepada Bidang Keuangan Dinkes.

 

6.     Umum dan Kepegawaian

Uraian tugas :

 

a.    Mengidentifikasi uraian kerja bagian Umum dan Kepegawaian

b.    Menerima dan disposisi surat masuk.

c.    Melaksanakan pengelolaan surat keluar.

d.    Membuat Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) pegawai.

e.    Membuat SPT pertemuan/pelatihan pegawai.

f.     Membuat SPT kegiatan pegawai di luar gedung puskesmas.

g.    Membuat surat permohonan cuti pegawai.

h.   Membuat surat pengantar usulan kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil  (PNS).

i.     Membuat surat pengantar pemberkasan permohonan perpanjangan kontrak.

j.      Merekapitulasi daftar hadir /absensi pegawai.

k.    Membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK).

l.     Membuat daftar kepegawaian / KP 4.

m.  Melaksanakan Updating Data SI SDMK.

n.   Melaksanakan Updating Anjab/Renbut.

 

 

7.     Bendahara Penerimaan BLUD

Uraian tugas :

 

a.    Mengidentifikasi uraian kerja Bendahara Penerimaan BLUD

b.    Menerima pendapatan Puskesmas.

c.    Mencatat dan merekapitulasi setiap pendapatan Puskesmas yang telah diterima.

d.    Membuat laporan penerimaan anggaran setiap bulan.

 

 

e.    Menyiapkan data yang diperlukan untuk penyusunan RBA dan RBA Perubahan yang diperlukan oleh Pimpinan berdasarkan usulan PPTK.

 

8.     Bendahara Pengeluaran BLUD

Uraian tugas :

 

a.    Mengidentifikasi uraian kerja Bendahara Penerimaan BLUD

b.    Melaksanakan penginputan dan pembayaran jasa medis.

c.     Menyiapkan data yang diperlukan untuk penyusunan RBA dan RBA Perubahan yang diperlukan oleh Pimpinan berdasarkan usulan PPTK.

d.    Melaksanakan dan membuat SPP dan SPM Bulanan.

e.    Melaksanakan pembayaran dan pelaporan operasional puskesmas..

f.      Membuat laporan realisasi, laporan pengeluaran anggaran puskesmas.

g.    Melaksanakan transaksi bank dan keuangan serta pengeluaran lainnya yang berhubungan dengan puskesmas.

h.    Membuat BKU Keuangan, membuat Rincian Objek Keuangan.

i.      Membuat Kwitansi Keuangan / SPJ.

j.      Membuat Penginputan DJP Online serta pembayaran Pajak.

 

9.     Bendahara Barang

Uraian tugas :

 

a.    Mengidentifikasi uraian kerja Bendahara Barang

b.    Menyusun RUK, RPK sarpras dan alkes puskesmas.

c.    Melaksanakan kegiatan pembelanjaan sesuai RPK.

d.    Membuat KIR per ruangan.

e.    Melakukan inventarisasi barang.

f.     Melakukan monitoring sarpras dan alkes.

g.    Menyusun jadwal pemeliharaan sarpras dan alkes.

h.    Melakukan analisa bulanan sarpras dan alkes dan rencana tindak lanjut, tindak lanjut.

i.      Melakukan evaluasi hasil tindak lanjut.

j.      Membuat jadwal kalibrasi alkes.

k.    Melakukan kalibrasi alkes.

 

10.  Informasi dan Data

Uraian tugas :

 

a.    Mengidentikasi uraian tugas Informasi dan Data

b.    Sebagai pusat data dan informasi Puskesmas. 

c.    Mengumpulkan dan mengecek laporan puskesmas.

d.    Menyajikan laporan dalam bentuk visualisasi data (tabel, grfik dll).

e.    Mengidentifikasikan masalah program  dari hasil visualisasi data dan menyerahkan hasilnya kepada koordinator perencanaan dan penilaian.

f.     Bersama-sama Tim data dan informasi menyusun semua laporan puskesmas (PTP, minilok, laporan tahunan dsb).

g.    Bertanggungjawab terhadap pengentrian dan pemeliharaan simpus

 

11.  Penanggungjawab UKM Essensial dan Pengembangan

 

a.    Mengidentitkasi uraian tugas penanggungjawab UKM Essensial dan Perawatan kesehatan masyarakat

b.    Bertanggungjawab terhadap kegiatan pelayanan UKM di puskesmas.

c.     Mempromosikan kebijakan dan sasaran mutu diseluruh unit pelayanan untuk meningkatkan kesadaran, motivasi dan keterlibatan pegawai.

d.    Mempromosikan pelaksanaan pelayanan rawat jalan puskesmas melalui media elektronika maupun cetak.

e.    Menggali potensi di bidang kesehatan melalui kelompok masyarakat

f.      Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan UKM di puskesmas.

g.    Menerima konsultasi dari semua kegiatan puskesmas.

 

 

A.   UKM Essensial

1.    Promosi kesehatan

Uraian tugas :

 

a.     Menyusun perencanaan promkes berdasarkan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kebijakan pusat dan daerah.

b.     Menyusun RPK promkes.

c.      Menyusun jadwal kegiatan promkes.

d.     Melakukan sosialisasi jadwal kegiatan promkes pada linprog, linsek, sasaran.

e.     Menyusun pedoman kegiatan promkes.

f.       Menyusun SOP kegitan promkes

g.     Menyusun kerangka acuan kegiatan promkes.

h.     Melakukan identifikasi peran linsek kegiatan promkes.

i.       Melaksanakan kegiatan promkes

·         Pengkajian PHBS

·         Intervensi PHBS

·         Pengembangan UKBM

·         Fasilitasi SMD dan MMD.

·         Pengembangan desa siaga aktif.

·         Promkes dalam gedung

·         Promkes luar gedung

j.       Menyusun laporan hasil kegiatan promkes.

k.      Menyusun hambatan dan masalah kegiatan promkes.

l.       Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah, kegiatan promkes.

 

 

2.    Kesehatan lingkungan

Uraian tugas :

 

a.    Menyusun perencanaan kesling berdasarkan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kebijakan pusat dan daerah.

b.    Menyusun RPK kesling.

c.    Menyusun jadwal kegiatan kesling.

d.    Melakukan sosialisasi jadwal kegiatan Kesling pada linprog, linsek, sasaran.

e.    Menyusun Pedoman kegiatan kesling.

f.     Menyusun SOP kegitan kesling.

g.    Menyusun Kerangka acuan kegiatan kesling.

h.    Melakukan identifikasi peran linsek kegiatan kesling.

i.      Melaksanakan kegiatan kesling :

·      Penyehatan air.

·      Penyehatan makanan dan minuman.

·      Penyehatan sanitasi.

·      Pembinaan TTU.

·      Klinik sanitasi.

·      STBM.

·      Membuat jadwal pemantauan lingkungan puskesmas.

·      Inventarisasi limbah berbahaya.

·      Melakukan pengendalian limbah berbahaya.

j.      Menyusun laporan hasil kegiatan kesling.

k.    Menyusun hambatan dan masalah kegiatan kesling.

l.      Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah,kegiatan kesling.

 

 

3.    Kesehatan Keluarga

 

Uraian Tugas :

 

a.    Menghitung jumlah sasaran ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan PUS di wilayah kecamatan

b.    Membuat rencana kerja program kesehatan ibu (RUK dan RPK)

c.    Melakukan supervise fasilitatif program KIA kepada BPM

d.    Menjadi fasilitator dalam kegiatan kelas ibu hamil di dalam dan luar Gedung

e.    Memberikan penyuluhan kepada ibu hamil

f.     Membuat grafik PWS kesehatan ibu

g.    Melakukan monitoring dan analisa PWS kesehatan ibu

h.    Evaluasi hasil kegiatan program kesehatan ibu

i.      Membuat laporan bulanan dan tahunan program kesehatan ibu

j.      Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Puskesmas

 

4.    Gizi

 

Uraian tugas

 

a.    Melaksanakan konseling gizi

b.    Melaksanakan pengukuran antropometri

c.    Menentukan status gizi

d.    Menyelenggarakan makan pasien RB

e.    Merujuk pasien dalam/ luar gedung

f.     Melaksanakan pencatatan dan pelaporan

g.    Menyusun struktur organisasi program gizi SDIDTK dan MTBS.

h.    Bertanggungjawab terhadap kegiatan program gizi SDIDTK dan MTBS.

i.      Mengusulkan kebutuhan sarpras dan alkes program gizi SDIDTK dan MTBS.

j.      Menyusun rencana RUK, RPK kegiatan program gizi SDIDTK dan MTBS.

k.    Menyusun pedoman program gizi SDIDTK dan MTBS.

l.      Menyusun SOP program gizi SDIDTK dan MTBS.

m.   Menyusun indikator mutu program gizi SDIDTK dan MTBS.

n.    Melakukan pembinaan program gizi SDIDTK dan MTBS.

o.    Monitoring dan evaluasi kegiatan program gizi SDIDTK dan MTBS.

p.    Melakukan rencana tindak lanjut hasil monev dan pembinaan.

q.    Melaksanakan tindak lanjut hasil monev dan pembinaan.

 

5.    P2P

1.    Mengkoordinir kegiatan pemberatasan penyakit menular dan tidak menular, yang meliputi kegiatan P2TB, P2 Malaria, P2DBD, 02 Diare, P2 ISPA, P2 Kusta, P2TM, serta penyakit potensial wabah lainnya.

2.    Mengumpulkan data kegiatan pemberantasan penyakit menular dan tidak menular

3.    Mengkoordinir kegiatan surveilans pemberantasan penyakit dan mendeteksi adanya KLB (Kejadian Luar Biasa)

4.    Mengkoordinir kegiatan PE (Penyelidikan Epidemologi)

5.    Melakukan koordinasi dengan petugas Puskesmas dan petugas Lintas Program yang lain dalam melaksanakan penyuluhan kesehatan, terutama dalam hal pencegahan dan penanggulangan penyakit menular dan tidak menular.

6.    Mengkoordinir laporan kegiatan pemberantasan penyakit menular dan tidak menular, laporan adanya KLB (W1), laporan PE dan laporan W2 (Laporan Penyakit Potensial Wabah)

 

 

B.   UKM Pengembangan

1.    UKS

 

Uraian tugas :

 

a.    Menyusun perencanaan UKS berdasarkan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kebijakan pusat dan daerah.

b.    Menyusun RUK, RPK UKS.

c.    Menyusun jadwal kegiatan UKS.

d.    Melakukan sosialisasi jadwal kegiatan UKS pada linprog, linsek, sasaran.

e.    Menyusun pedoman kegiatan UKS.

f.     Menyusun SOP kegi atan UKS.

g.    Menyusun kerangka acuan kegiatan UKS.

h.    Melakukan identifikasi peran linsek kegiatan UKS.

i.      Melaksanakan kegiatan UKS.

·        Screening anak sekolah.

·        Pelayanan kesehatan usia sekolah.

·        Pelayanan kesehatan anak balita dan prasekolah.

j.      Menyusun laporan hasil kegiatan UKS.

k.    Menyusun hambatan dan masalah kegiatan UKS.

l.      Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah kegiatan UKS .

m.   Melaksanakan tindak lanjut terhadap hambatan, masalah kegiatan UKS

 

 

 

2.    Kesehatan jiwa

 

Uraian tugas :

 

a.    Menyusun perencanaan kesehatan jiwa berdasarkan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kebijakan pusat dan daerah.

b.    Menyusun RPK kesehatan jiwa.

c.    Menyusun jadwal kegiatan kesehatan jiwa.

d.    Melakukan sosialisasi jadwal kegiatan kesehatan jiwa. pada linprog, linsek, sasaran.

e.    Menyusun pedoman kegiatan kesehatan jiwa.

f.     Menyusun SOP kegitan Kesehatan jiwa.

g.    Menyusun kerangka acuan kegiatan kesehatan jiwa.

h.    Melakukan identifikasi peran linsek kegiatan kesehatan jiwa.

i.      Melaksanakan kegiatan kesehatan jiwa :

·      Posyandu jiwa

·      Kunjungan rumah ODGJ.

·      Refreshing kader ODGJ.

j.      Pemberdayaan kelompok ODGJ

k.    Menyusun laporan hasil kegiatan kesehatan jiwa.

l.      Menyusun hambatan dan masalah kegiatan kesehatan jiwa.

m.   Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah kegiatan kesehatan jiwa.

n.    Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah kegiatan kesehatan jiwa

 

3.    Kesehatan lansia

 

Uraian tugas :

 

a.    Menyusun perencanaan kesehatan lansia berdasarkan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kebijakan pusat dan daerah.

b.    Menyusun RPK kesehatan lansia.

c.    Menyusun jadwal kegiatan kesehatan lansia.

d.    Melakukan sosialisasi jadwal kegiatan kesehatan lansia. pada linprog, linsek, sasaran.

e.    Menyusun pedoman kegiatan kesehatan lansia.

f.     Menyusun SOP kegitan Kesehatan lansia.

g.    Menyusun kerangka acuan kegiatan kesehatan lansia.

h.    Melakukan identifikasi peran linsek kegiatan kesehatan lansia.

i.      Melaksanakan kegiatan kesehatan lansia :

·      Posyandu lansia

·      Pembinaan posyandu lansia

·      Monev posyandu lansia

·      Refreshing kader lansia

j.      Menyusun laporan hasil kegiatan kesehatan lansia.

k.    Menyusun hambatan dan masalah kegiatan kesehatan lansia.

l.      Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah kegiatan kesehatan lansia.

m.   Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah kegiatan kesehatan lansia.

 

 

4.    Kesehatan kerja dan olahraga

 

Uraian tugas :

 

a.    Menyusun perencanaan kesehatan olahraga berdasarkan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kebijakan pusat dan daerah.

b.    Menyusun RPK kesehatan olahraga.

c.    Menyusun jadwal kegiatan kesehatan olahraga.

d.    Melakukan sosialisasi jadwal kegiatan kesehatan olahraga pada linprog, linsek, sasaran.

e.    Menyusun pedoman kegiatan kesehatan olahraga.

f.     Menyusun SOP kegiatan Kesehatan olahraga.

g.    Menyusun kerangka acuan kegiatan kesehatan olahraga.

h.    Melakukan identifikasi peran linsek kegiatan kesehatan olahraga.

i.      Melaksanakan kegiatan kesehatan olahraga 

j.      Pembinaan kelompok olahraga

k.    Pengukuran kebugaran calon jemaah haji.

l.      Pengukuran kebugaran anak sekolah.

m.   Menyusun laporan hasil kegiatan kesehatan olahraga.

n.    Menyusun hambatan dan masalah kegiatan kesehatan olahraga.

o.    Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah kegiatan kesehatan olahraga.

p.    Menyusun perencanaan kesehatan kerja. berdasarkan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kebijakan pusat dan daerah.

q.    Menyusun RPK kesehatan kerja.

r.     Menyusun jadwal kegiatan kesehata kerja.

s.    Melakukan sosialisasi jadwal kegiatan kesehatan kerja. pada linprog, linsek, sasaran.

t.      Menyusun pedoman kegiatan kesehata kerja.

u.    Menyusun SOP kegitan Kesehata kerja.

v.    Menyusun kerangka acuan kegiatan kesehata kerja.

w.   Melakukan identifikasi peran linsek kegiatan kesehatan kerja.

x.    Melaksanakan kegiatan kesehata kerja :

·       Pembinaan kelompok kerja informal.

·       Promotif preventif kesehatan kerja.

y.    Menyusun laporan hasil kegiatan kesehatan kerja.

z.    Menyusun hambatan dan masalah kegiatan kesehatan kerja.

 

5.    Perkesmas

 

Uraian tugas :

 

a.    Menyusun rencana kegiatan PERKESMAS berdasarkan data program puskesmas dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.

b.    Melaksanakan kegiatan PERKESMAS meliputi pengumpulan data perkesmas, pengkajian kasus dan  koordinasi lintas program terkait sesuai dengan prosedur dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku

c.    Mengevaluasi hasil kegiatan PERKESMAS secara keseluruhan.

d.    Membuat catatan dan laporan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan.

e.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

6.    KESTRAD

 

Uraian tugas :

 

 

a.    Penggerakan dan pelaksanaan TOGA di puskesmas

b.    Meningkatkan kerjasama dengan sektor terkait untuk pengelolaan pemanfaatan TOGA

c.    Menggerakkan masyarakat untuk  mengelola, mengembangkan dan memanfaatkan TOGA melalui dasa wisma

d.    Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan TOGA

e.    Melaksanakan monitorung dan evaluasi

 

 

12.  Penanggungjawab UKP Kefarmasin dan Laboratorium

Uraian tugas :

 

a.    Bertanggungjawab terhadap kegiatan UKP, kefarmasian, laboratorium

b.    Mengusulkan perencanaan kegiatan UKP, kefarmasian, laboratorium.

c.    Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan UKP, kefarmasian, laboratorium.

d.    Menyusun rencana tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pembinaan.

e.    Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring, evaluasi dan pembinaan

 

1.    Pendaftaran pasien

 

Uraian Tugas :

 

a.   Bertanggung jawab terhadap pelayanan pendaftaran pasien/ klien rawat jalan.

b.   Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelayanan pendaftaran

c.    Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian, sarana dan prasarana di ruang pendaftaran. Memastikan pelayanan di pendaftaran sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja

d.   Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan rawat jalan

e.   Mengoptimalkan tenaga pelaksana di unit pendaftaran yang ada.

f.     Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelayanan pendaftaran

g.   Mengusulkan sarana dan prasarana terkait kebutuhan pelayanan pendaftaran

h.   Membuat laporan harian, mingguan dan bulanan.

 

2.    Rekam medis

 

Uraian tugas :

 

a.    Bertanggung jawab terhadap pengelolaan rekam medis pasien rawat jalan.

b.    Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelayanan rekam medis.

c.    Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian, sarana dan prasarana di ruang rekam medis.

d.    Memastikan pelayanan di rekam medis sesuai dengan prosedur dan Instruksi kerja.

e.    Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan rawat jalan.

f.     Mengoptimalkan tenaga pelaksana di unit rekam medis yang ada .

g.    Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelayanan rekam medis.

h.   Mengusulkan sarana dan prasarana terkait kebutuhan pelayanan rekam medis.

i.     Membuat laporan harian, mingguan dan bulanan.

 

3.    Kasir

 

Uraian tugas :

 

a.     Menerima pembayaran retribusi dari pasien rawat jalan

b.     Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan kasir

c.     Kegiatan pokok

d.     Menyusun, menetapkan sasaran mutu dan perencanaan pencapaian sasaran mutu pelayanan kasir

e.     Menyusun prosedur kerja dan instruksi kerja palayanan kasir

f.      Memastikan pelaksanaan pelayanan sesuai dengan prosedur kerja dan instruksi kerja

g.     Mengusulkan sarana dan prasarana terkait kebutuhan pelayanan kasir

h.    Membuat laporan mingguan keuangan kepada bendahara penerima puskesmas.

i.      Melaporkan hasil kegiatan kepada koordinator puskesmas.

j.       Mengatur keberssihan dan kebersihan ruang kasir.

k.     Menyimpan bukti retribusi pelayanan.

 

4.    Skrinig kesehatan

 

Uraian tugas :

 

a.     Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut

b.     Petugas mencocokkan identitas pasien dengan rekam medis jika ada ketidaksesuaian data petugas mengkomfirmasikan dengan petugas pendaftaran.

c.     Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital

d.     Petugas menuliskan hasil pemeriksaan pada rekam medis

e.     Petugas menanyakan keluhan utama pasien untuk mementukan tujuan ruang pelayanan

f.      Petugas mengantarkan rekam medik masing-masing ruang pelayanan

g.     Petugas mengarahkan pasien untuk menunggu di masing-masing ruang tunggu pelayanan.

 

5.   Rujukan JKN

 

Uraian tugas :

 

a.    Petugas melakukan pendaftaran nama pasien di aplikasi pcare/ melalui antrean online faskes.

b.    Setelah pasien didaftarkan, masuk di menu pelayanan pasien dengan menggunakan nomor antrian pasien.

c.     Setelah nama pasien keluar isi semua yang dminta di aplikasi (riwayat alergi, terapi obat, diagnosa pasien, TB, BB, LP, tensi dll).

d.    setelah semua di isi pilih dokter yg merujuk.

e.    Pilih "rujuk" selanjutnya pilih poli yang dirujuk, pilih tanggal untuk berkunjung ke RSUD dan pilih rumah sakit mana yang mau dirujuk.

f.      Setelah semua selesai klik simpan data dan surat rujukan siap untuk di cetak.

 

6.    Pelayanan umum

 

Uraian tugas :

 

a.     Bertanggung jawab terhadap pelayanan pasien di klinik umum.

b.     Mengkoordinir tenaga pelaksana klinik umum.

c.     Mengkoordinir tenaga pelaksana klinik umum.

d.     Memastikan bahwa pelayanan sesuai dengan prosedur kerja dan Instruksi kerja.

e.     Mengoptimalkan tenaga pelaksana yang ada di klinik umum.

f.      Menyediakan buku pedoman pengobatan dasar, rujukan, KIR dokter, resep dokter di meja pelayanan sebelum pelayanan dimula.i

g.     Mengusulkan sarana dan prasarana terkait kubutuhan pelayanan klinik umum.

h.    Melaksanakan sistem rujukan baik internal maupun rujukan eksternal.

i.      Merekap dan melaporkan hasil kegiatan kunjungan penyakit rawat jalan.

j.       Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian dan ketersediaan sarana dan prasarana klinik umum

 

7.    Pelayanan lansia

 

Uraian tugas :

 

a.      Menyusun perencanaan kesehatan lansia berdasarkan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kebijakan pusat dan daerah.

b.      Menyusun RPK kesehatan lansia.

c.      Menyusun jadwal kegiatan kesehatan lansia.

d.      Melakukan sosialisasi jadwal kegiatan kesehatan lansia. pada linprog, linsek, sasaran.

e.      Menyusun pedoman kegiatan kesehatan lansia.

f.       Menyusun SOP kegitan Kesehatan lansia.

g.      Menyusun kerangka acuan kegiatan kesehatan lansia.

h.      Melakukan identifikasi peran linsek kegiatan kesehatan lansia.

i.        Melaksanakan kegiatan kesehatan lansia :

·          Posyandu lansia

·          Pembinaan posyandu lansia

·          Monev posyandu lansia

·          Refreshing kader lansia

j.        Menyusun laporan hasil kegiatan kesehatan lansia.

k.      Menyusun hambatan dan masalah kegiatan kesehatan lansia.

l.        Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah kegiatan kesehatan lansia.

m.     Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hambatan, masalah kegiatan kesehatan lansia.

 

 

 

 

 

8.     Pelayanan KIA/KB

 

            Uraian tugas :

 

a.      Bertanggung jawab terhadap mutu pelayanan KIA-KB.

b.      Melaksanakan pelayanan sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja.

c.      Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan rawat jalan.

d.      Menyusun, menetapkan sasaran mutu dan perencanaan sasaran mutu.

e.      Menyusun prosedur kerja dan Instruksi kerja.

f.       Melaksanakan pelayanan sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja.

g.      Bertanggung jawab terhadap mutu pelayanan KIA-KB.

h.     Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan administrasi KIA-KB.

i.       Bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, kenyamanan ruang KIA-KB.

j.        Bertangggung jawab terhadap kebersihan dan kesterilan alat KIA-KB.

k.      Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan rawat jalan.

l.       Mengusulkan sarana dan prasarana terkait kebutuhan pelayanan Klinik KIA-KB.

m.    Melaksanakan sistem rujukan baik internal maupun rujukan eksternal.

n.     Membantu kegiatan penyuluhan di luar gedung

 

 

9.     Pelayanan catin

 

Uraian tugas :

 

a.      Melakukan pengkajian kepada ibu hamil, ibu nifas dan catin.

b.      Melakukan screening pemeriksaan laboratorium kepada ibu hamil dan catin.

c.      Melakukan pengisian buku KIA.

d.      Mempersiapkan alat dan kelengkapan di ruang pelayanan kesehatan ibu.

e.      Melakukan pemeriksaan ante natal care dan kontrol ibu nifas.

f.       Memberikan vitamin kepada ibu hamil dan ibu nifas.

g.      Melakukan rujukan internal dan eksternal kepada ibu hamil dengan resiko tinggi.

h.     Melakukan konsultasi individu (konseling) kepada ibu hamil, ibu nifas dan catin.

i.       Melakukan imunisasi TT kepada ibu hamil dan catin perempuan.

j.        Membuat pencatatan dan pelaporan layanan ibu hamil dan catin.

 

 

10.    Pelayanan Gizi/MTBS

 

        Uraian Tugas :

 

a.   Bertanggung jawab akan mutu pelayanan  MTBS

b.   Mengkoordinir tenaga pelaksana di  MTBS

c.   Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan  MTBS

d.   Menyusun, menetapkan sasaran mutu dan perencanaan  MTBS

e.   Bertanggung jawab atas kebersihan, keutuhan, dan kerapian alat-alat sebelum dan sesudah pelayanan

f.    Bertanggung jawab akan mutu pelayanan  MTBS

g.   Memberikan pelayanan di  MTBS sesuai dengan prosedur dan menjaga peningkatan perbaikan pelayanan

h.  Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan  MTBS

i.    Melaksanakan administrasi umum  MTBS

j.     Melaksanakan sistem rujukan baik internal maupun rujukan eksternal

k.   Mengusulkan sarana dan prasarana terkait kebutuhan pelayanan  MTBS

 

11.   Pelayanan gigi dan mulut

 

        Uraian tugas :

 

a.   Bertanggung jawab terhadap terlaksananya pelayanan gigi sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja.

b.   Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan klinik gigi.

c.   Bertanggung jawab terhadap terlaksananya pelayanan gigi sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja.

d.   Bertanggung jawab terhadap kebersihan ruangan gigi.

e.   Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kesterilan peralatan gigi.

f.    Bertanggung jawab terhadap peningkatan mutu pelayanan klinik gigi.

g.   Bertanggung jawab terhadap keutuhan alat-alat yang tersedia dan berada di ruangan klinik gigi.

h.  Mengoptimalkan tenaga pelaksana yang ada di klinik gig.i

i.    Mengusulkan sarana dan prasarana terkait kebutuhan pelayanan klinik gigi.

j.     Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan klinik gigi

k.   Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelayanan klinik gigi.

l.    Melaksanakan sistem rujukan baik internal maupun rujukan eksternal.

m. Melaksanakan administrasi dan melaporkan kegiatan pelayanan gigi.

n.  Membantu kegiatan penyuluhan di luar gedung.

 

12.   Pelayanan USG

 

Uraian tugas :

 

a.  Mempersiapkan alat USG.

b.  Memberi salam dan menjelaskan kepada pasien sebelum melakukan pemeriksaan USG.

c.   Memberikan gel di perut pasien yang akan di USG.

d.  Melakukan pemeriksaan USG kepada pasien.

e.  Menjelaskan hasil USGkepada pasien.

f.    Membersihkan gel di perut pasien yang telah di USG.

g.  Memberikan hasil print  USG.

 

13.   Pelayanan imunisasi

 

Uraian tugas :

 

a.     Merencanakan kebutuhan, persedian  vaksin dan logistik

b.     Merencanakan pelayanan imunisasi rutin dengan membuat jadwal pelaksanaan, tempat pelaksanaan dan pelaksana pelayanan imunisasi.

c.      Melakukan inventarisasi alat imunisasi.

d.     Menyiapkan logistik imunisasi program yaitu persediaan vaksin, ADS dan safety box.

e.     Menyiapkan alat trasnportasi vaksin meliputi cold box, vaksin carier, cool pack.

f.       Melakukan pemantauan dan mencatat suhu cold chain.

g.     Melakukan penyimpanan vaksin sesuai dengan suhu yang sudah ditetapkan.

h.     Melakukan monitoring administrasi dan fisik vaksin.

i.       Melakukan pemeliharaan sarana peralatan cold chain.

j.       Melakukan sosialisasi jadwal kegiatan imunisasi pada linprog, linsek, sasaran.

k.      Melaksanakan kegiatan imunisasi, pendataan sasaran, melakukan imunisasi dasar, lanjutan dan BIAS

l.       Menyusun laporan hasil kegiatan imunisasi.

 

 

14.   Pelayanan Sp. KKLP

 

Uraian tugas :

 

a.     Bertanggung jawab dalam memberikan pembinaan berkelanjutan (continuing care),

b.     Memberikan diagnosa medis dan penanganannya,

c.      Memberi dukungan, serta mengkomunikasikan informasi tentang pencegahan, diagnosa, pengobatan, serta memanfaatkan keluarga pasien, komunitas, masyarakat dan lingkungannya dalam kesembuhan pasien.

d.     Memberikan pelayanan kedokteran keluarga.

 

15.   Pelayanan Akupresure

 

Uraian tugas :

 

a.     Menyiapkan alat dan bahan.

b.     Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan evaluasi kegiatan akupresure.

c.      Merencanakan dan mengawasi kegiatan pemantapan mutu

d.     Melaksanakan kegiatan teknis operasional akupresure sesuai kompetensi dan kewenangan berdasarkan pedoman akupresure di puskesmas.

e.     Melaksanakan kegaiatan pencatatan dan pelaporan

f.       Melaksanakan kegiatan kesehatan dan keselamatan kerja akupresure

g.     Melakukan konsultasi dengan penanggungjawab akupresure

 

16.   Pelayanan TB-DOTS

 

Uraian tugas

 

a.     Bertanggungjawab kepada Kepala Puskesmas

b.     Menjamin terselenggaranya pelayanan TB dengan strategi TB-DOTS termasuk sistem jejaring internal dan eksternal

c.      Merencanakan semua kebutuhan bagi terselenggaranya pelayanan TB

d.     Pencatatan dan pelaporan

e.     Melaksanakan rapat rutin untuk membicarakan semua hal temuan terkait dengan pelaksanaan pelayanan terhadap pasien TB.

f.       Mengidentifikasi suspek dan mengisi buku daftar suspek TB

g.     Mendiagnosis TB pada orang dewasa dan anak sesuai dengan Program Nasional Penanggulangan TB. Menentukan kualifikasi penyakit dan tipe pasien.

h.     Pengobatan pasien TB :

·      Membantu pasien dalam penentuan pilihan tempat pengobatan selanjutnya

·      Menentukan paduan obat TB-DOTS yang benar untuk setiap klasifikasi dan tipe pasien.

·      Bertanggungjawab dalam penetapan Pengawasan Minum Obat (PMO) bersama pasien.

·      Memberikan penyuluhan pada pasien, keluarganya dan PMO.

·      Bertangungjawab dalam pengisian kartu pasien TB (TB.01) dan kartu identitas pasien (TB.02) secara lengkap dan benar.

·      Bertanggungjawab dalam pemantauan keteratutan pengobatan.

·      Menentukan jadwal pemeriksaan dahak ulang.

·      Menangani pasien putus obat.

·      Mendeteksi dan menangani pasien TB pada beberapa keadaan khusus.

·      Menetapkan hasil pengobatan dan mencatat pada kartu pasien. Bertanggungjawab dalam pengisian kartu pencatatan lain yang diperlukan (formulir TB.09 dan TB.10).

i.       Pemantauan dan evaluasi hasil pengobatan :

·      Melakukan analisis hasil pengobatan pasien sesuai dengan indikator.

·      Merencanakan tindak lanjut untuk penyelesaian masalah.

j.       Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan TB DOTS

 

17.   Pelayanan UGD dan Rawat Inap

 

 

Uraian tugas

 

a.     Menyiapkan fasilitas dan lingkungan UGD untuk kelancaran pelayanan dan memudahkan pasien dalam menerima pelayanan.

b.     Melayani pasien baru sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

c.      Melakukan tindakan medis/intervensi kepada pasien sesuai dengan kapasitasnya.

d.     Memberikan pelayanan / pertolongan pertama kepada pasien dalam keadaan gawat darurat.

e.     Memelihara peralatan kesehatan / medis agar selalu dalam keadaan siap pakai.

f.       Menciptakan hubungan kerjasama yang baik dengan pasien dan keluarganya maupun sesama petugas.

g.     Mengkaji kebutuhan dan masalah kesehatan pasien sesuai dengan batas kemampuannya, dengan cara :

·      Memberika terapi oxygen pada pasien dengan gangguan nafas

·      Melakukan triage

·      Melakukan pengkajian ABCDE

·      Melaksanakan bantuan hidup dasar

·      Mengamati keadaan pasien (tnda vital, kesadaran, keadaan mental dan keluhan utama).

·      Melaksanakan anamnesa

·      Memasang infus, NGT, kateter urine dll

·      Menyiapkan formulir untuk penyelesaian administrasi, seperti : surat keterangan istirahat sakit jika diperlukan, resep obat untuk dirumah jika diperlukan, surat rujukan atau pemeriksaan ulang, memberikan penyuluhan kesehatan kepada pasien dan keluarganya sesuai dengan keadaan dan kebutuhan pasien, mengenai : diet, pengobatan yang perlu dilanjutkan dengan cara penggunaanya, pentingnya pemeriksaan ulang/kontrol di rumah sakit, puskesmas atau instalasi pelayanan kesehatan lainnya, cara hidup sehat seperti pengaturan istirahat atau makanan yang bergizi.

h.     Melatih pasien menggunakan alat bantu yang digunakan.

i.       Melatih pasien untuk melaksanakan tindakan keperawatan dirumah, misalnya : merawat luka, melatih anggota gerak dan mengatur diet, kepatuhan minum obat serta pantangan yang tidak boleh dilakukan.

j.       Mengatur pasien yang akan dirawat sampai ke ruangan yang akan dituju

k.      Mengatur pasien yang akan pulang sampai dipintu keluar ruang UGD bila keadaan memungkinkan.

l.       Melakukan pengecekan alat setiap pergantian shiff serta membersihkan, merapikan dan menyiapkan alat setelah dipakai untuk tindakan berikutnya.

m.    Melakukan pengecekan obat serta melengkapi stock obat setelah obat dipakai dengan cara mengambil pergantian obat.

n.     Menyiapkan BHP untuk keperluan IGD.

o.     Bekerjasama untuk menjaga, memelihara, membersihkan, merapikan alat-alat yang ada di IGD.

p.     Membuat laporan harian pasien.

q.     Membuat asuhan keperawatan pasien (melengkapi status UGD)

r.       Melakukan perhitungan dan pencatatan perincian biaya pasien UGD yang dilakukan oleh shiff malam dan shiff pagi melaporkannya ke keuangan setiap harinya.

s.      Bekerja secara profesional.

 

18.   Pelayanan PONED / IVA test / sadanis

 

Uraian tugas :

 

a.     Melaksanakan pelayanan kegawatdaruratan maternal dan neonatal

b.     Melakukan koordinasi dengan ketua tim PONED dan Tim medis lain

c.      Membuat perencanaan untuk pelayanan di ruang bersalin dan pelayanan nifas

d.     Melakukan kegiatan-kegiatan operasional untuk persalinan dan nifas

e.     Melakukan evaluasi terhadap kasus-kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal termasuk pencatatan dan pelaporan

 

19.   Pelayanan farmasi

 

Uraian tugas :

 

a.     Bertanggung jawab terhadap mutu pelayanan farmasi

b.     Bertanggung jawab terhadap mutu dan keamanan sediaan obat.

c.      Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan farmasi

d.     Menyusun, menetapkan sasaran mutu dan perencanaan sasaran mutu

e.     Menyusun prosedur kerja dan Instruksi kerja pelayanan farmasi

f.       Bertanggung jawab terhadap kebersihan ruangan, kerapian dan kenyamanan ruang farmasi

g.     Mengusulkan sarana dan prasarana terkait kebutuhan pelayanan farmasi

h.     Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan farmasi

i.       Melaksanakan administrasi harian, mingguan dan bulanan obat

j.       Mengajukan permintaan obat ke gudang farmasi puskesmas dan kabupaten

k.      Melakukan monitoring rasionalisasi penggunaan obat

l.       Membuat perencanaan obat tahunan.

 

20.   Pelayanan laboratorium

 

Uraian tugas :

 

a.     Bertanggung jawab terhadap mutu pelayanan laboratorium.

b.     Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan laboratorium

c.      Menyusun, menetapkan sasaran mutu dan perencanaan sasaran mutu

d.     Menyusun prosedur kerja dan Instruksi kerja.

e.     Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian dan kenyamanan ruang laboratorium

f.       Bertanggung jawab terhadap mutu pelayanan laboratorium

g.     Memastikan pelaksanaan pemeriksaan laboratorium sesuai prosedur dan instruksi kerja

h.     Mengusulkan sarana dan prasarana terkait kebutuhan pelayanan laboratorium

i.       Koordinasi dengan unit lain untuk kelancaran pelayanan laboratorium

j.       Menerima rujukan laboratorium dari rujukan swasta

k.      Membantu kegiatan penyuluhan di luar gedung

 

21.   Pelayanan klinik sanitasi

 

Uraian tugas :

 

a.     Mempelajari pedoman dan petunjuk teknis terkait dengan program klinik sanitasi

b.     Mengumpulkan dan memeriksa bahan dan data program klinik sanitasi

c.      Mengklarifikasi bahan dan data program klinik sanitasi

d.     Mengkaji dan menganalisis bahan dan data program klinik sanitasi

e.     Menyusun rencana program klinik sanitasi

f.       Melaksanakan kegiatan program klinik sanitasi

g.     Mencatat perkembangan program klinik sanitasi

h.     Melaporkan pelaksanaan dan hasil kegiatan kepada pimpinan

i.       Menginventarisasi hasil kegiatan program klinik sanitasi

 

22.   Gudang obat

 

Uraian tugas :

 

a.     Menerima dan mencatat penerimaan obat dari gudang farmasi dan dari sumber lain

b.     (bila ada).

c.      Membuat dan mengisi kartu stok obat di gudang obat.

d.     Mencatat dan melaporkan penerimaan dan pengeluaran obat dari gudang obat.

e.     Memonitor obat di farmasi, pustu, dan pos puskesling.

f.       Membantu Kepala Puskesmas dalam merencanakan kebutuhan obat.

g.     Membuat LPLPO.

h.     Membantu pengelolaan obat di farmasi dan gudang obat.

i.       Membantu kegiatan pelayanan di farmasi.

 

23.   Pojok ASI

 

Uraian tugas

 

a.     Petugas mendata ibu menyusui

b.     Petugas melakukan pemantauan pemberian ASI selama 6 bulan

c.      Memberikan konseling pada ibu menyusui tentang gizi ibu menyusui dan persiapan pemberian ASI

d.     Memberikan konseling pada ibu bersalin tentang menyusui dan pemnerian ASI Eksklusif

e.     Memberikan pendampingan pada ibu menyusui untuk menyusui secara eksklusif

f.       Memonitor dan mengevaluasi pemberia ASI Eksklusif

 

24.   Pelayanan ambulance

 

Uraian tugas :

 

a.     Bertanggungjawab terhadap mobil ambulance

b.     Menyusun SPO kendaraan.

c.      Mengantar rujukan pasien.

d.     Mengantar kegiatan operasional puskesmas lainnya.

e.     Menjaga kebersihan mobil.

f.       Menjaga keamanan dan keselamatan mobil.

g.     Menyusun RUK dan RPK semua kendaraan.

h.     Menyusun jadwal pemeliharaan kendaraan.

i.       Melakukan monitoring periodik semua kendaraan.

j.       Menyusun rencana tindak lanjut hasil monitoring kendaraan.

k.      Melakukan evaluasi hasil perbaikan kendaraankerja

 

 

13.  Penanggungjawab Jejaring dan Jaringan Pelayanan Puskesmas

Uraian tugas :

 

a.    Menyusun rencana program pembinaan jaringan dan jejaring

b.    Melakukan pembinaan jaringan dan jejaring.

c.    Melakukan monitoring dan evaluasi serta rencana tindak lanjut.

d.    pelayanan puskesmas pembantu.

e.    pelayanan puskesmas keliling.

f.     pelayanan praktik bidan desa. dan

g.    Jejaring puskesmas.

 

Jaringan Pelayanan Puskesmas

 

1.    Puskesmas Pembantu Teluk Rhu 

2.    Puskesmas Pemabtu Tanjung Punak

3.    Puskesmas Pembantu Kadur

4.    Puskesmas Pembantu Titi Akar

5.    Puskesmas Pembantu Suka Damai

6.    Poskesdes Teluk Rhu

7.    Poskesdes Puteri Sembilan

8.    Poskesdes Hutan Samak

9.    Poskesdes Pangkalan Batang

 

14.  Penanggungjawab Bangunan, prasarana dan Peralatan

1.   Koordinator Bangunan, Prasarana dan Peralatan

 

Uraian Tugas :

a.     Analisa kebutuhan pengadaan dan pengembangan bangunan, prasarana, dan peralatan puskesmas.

b.     Pemeliharaan dan pengadaan bangunan, prasarana, dan peralatan Puskesmas.

c.     Pemanfaatan bangunan, prasarana, dan peralatan puskesmas.

d.     Pelaporan dan pencatatan keadaan bangunan, prasarana dan peralatan puskesmas.

 

 

KEPALA UPT PUSKESMAS TANJUNG MEDANG

KECAMATAN RUPAT UTARA

 

 

dr. RATNA SARI LINA, Sp. KKLP

Pembina

NIP. 19770611 200904 2001

  • Share: